KONTRIBUSI PENGALAMAN BERORGANISASI KEMAHASISWAAN TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN TAHUN MASUK 2015

Agid Darwis permata Bunda, Prof. Dr. M.Giatman,MSIE

Abstract


Abstrak­— Setiap perguruan tinggi memiliki organisasi sebagai tempat untuk mengasah softskill dan pengalaman mahasiswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan seberapa besar kontribusi pengalaman berorganisasi kemahasiswaan terhadap kesiapan mengajar mahasiswa prodi pendidikan teknik bangunan tahun masuk 2015. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Korelasional. Penelitian ini dilakukan di jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/mahasiswi prodi Pendidikan Teknik Bangunan tahun masuk 2015 yang telak menyelesaikan Program Prakek Lapangan Kependidikan (PPLK). Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket. Sedangkan Teknik Sampling yang digunakan adalah Total Sampling. Pada penelitian ini jumlah sampel sebanyak 36 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) Analisis deskriptif, 2) Uji Normalitas dan Linearitas, dan 3) Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kontribusi Pengalaman Berorganisasi Kemahasiswaan terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Tahun Masuk 2015 dengan angka koefisien korelasi sebesar 0,364 dan persentase kontribusi sebesar 13,25 %.

Kata Kunci: Pengalaman Berorganisasi, Kesiapan Mengajar.

Full Text:

PDF

References


PedomanPelaksanaan Dan Penelitian Program Pengalaman Lapangan kependidikan(2017). Universitas Negeri Padang

Aziz Rifai, Iskandar G. Rani, Fitra Rifwan, Rusnardi Rahmat putra. Kontribusi Pengalaman Praktek Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Padang. CIVED ISSN: 2302-3341 VOL. 5, No. 1, Maret. Universitas Negeri Padang. (2018).

Wursanto, D. I. (2015). Dasar-Dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar diSekolah. Jakarta: PT. Rhinea Cipta.

Saberda Pendra, Indrati Kusumaningrum, Revian Body, Fahmi Rijal. Kesiapan Praktek Lapangan Industri Mahasiswa Teknik sipil FT-UNP Di Dunia Usaha/Dunia Industri(DU/DI) CIVED ISSN: 2302-3341 VOL. 5, No. 2, Juni. Universitas Negeri Padang. (2018)

]Asmar Yulastri. (2006). Kesiapan Kerja Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan di Bidang Nonkeguruan. Forum Pendidikan (Vol31 Nomor 2 Agustus 2006). Hlm. 172

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorganisasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Riduwan. Pengantar Statistik Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Kominikasi, Ekonomi Dan Bisnis. Bandung: Alfabeta. (2011).




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106219

Copyright (c) 2019 Agid Darwis permata Bunda, Prof. Dr. M.Giatman,MSIE

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id