ANALISIS KEBUTUHAN DOSEN DENGAN PENDEKATAN FORECASTING JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Aditiya Matra, Prof. Dr. M.Giatman,MSIE

Abstract


Abstrak- Jumlah beban mengajar dosen di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang tidak sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2009, serta tidak idealnya rasio antara dosen dan mahasiswa menjadi masalah utama dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan dosen di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang pada tahun akademik 2018/2019 hingga tahun akademik 2023/2024 yang ideal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalahtenaga dosen di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Data pada penelitian ini adalah data sekunder yaitu jumlah mahasiswa dan dosen pada Jurusan Teknik Sipil. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan studi dokumentasi untuk memperoleh data jumlah mahasiswa dan dosen di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Teknik analisis data menggunakan rumus yang berdasarkan Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 26 Tahun 2015 Tentang Registrasi Pendidik Pada Perguruan Tinggi.Hasil analisis menunjukkan pada tahun akademik 2018/2019, Jurusan Teknik Sipil kekurangan 8 orang dosen. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Jurusan Teknik Sipil membutuhkan 13 orang dosen pada tahun akademik 2023/2024.

Kata kunci: Analisis Dosen, Kebutuhan Dosen.

Full Text:

PDF

References


Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Peraturan Pemerintah Republik IndonesiaNomor37 Tahun 2009 tentang Dosen.

PeraturanMenteriRiset,Teknologi,danPendidikan TinggiNomor 26 Tahun 2015tentangRegistrasi Pendidik padaPerguruan Tinggi.

Dendi Zainuddin Hamidi. 2017. Analisis Jumlah Kebutuhan Dosen Tetap di Perguruan Tinggi Melalui Pendekatan Forecaseting Jumlah Mahasiswa. Studi Kasus di STIE PGRI Sukabumi untuk Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Ekonomak Vol.3 No.2 Agustus 2017. Diakses tanggal 10 Agustus 2018.

LathiFathulAkhfa. 2015. AnalisisKondisidanKebutuhanPeralatanPraktekKonstruksi Program KeahlianTeknikBangunan SMKN 5 Padang. CIVED ISSN: 2302-3341 (Vol. 3., No. 3).

EkoPurwono.2019.Analisis KebutuhanPeralatanPadaPraktik Finishing Bangunan di Program KeahlianTeknikBangunan SMK Negeri 1 Padang. CIVED ISSN: 2302-3341 (Vol. 6., No. 1).

ZahratulHasanah. 2015. AnalisisKebutuhanPeralatan Workshop KayuBerdasarkanJobsheet di JurusanTeknikSipil FT-UNP. CIVED ISSN: 2303-3341 (Vol. 3., No. 1).

A. Sunandar. Analisis Perencanaan Kebutuhan Guru. Artikel Ilmiah. Jurnal Manajenem Pendidikan No.1 Tahun II Volume April 2006. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.http://journal.uny.ac.id/(diakses 10 Agustus 2018).

Zainal Arifin. 2012. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, Prosedur). Bandung: Remaja Rosdakarya.

M.FakryGaffar. 1987.PerencanaanPendidikan:Teori DanMetodologi. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Udin Syaefudin Sa’ud & Abin Syamsuddin Makmun. 2011. Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Soekidjo Notoatmodjo. 2009.Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Ika Rosita Ningrum, dkk. 2015. Perencanaan Sumber Daya Manusia. Makalah. Universitas Brawijaya.http://herususilofia.lecture.ub.ac.id/ (diakses 10 Agustus 2018).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Cetakan Ke-10). Bandung. Alfabeta.

Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi Statistik 1(Stattistik Deskriptif). Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106218

Copyright (c) 2019 Aditiya Matra, Prof. Dr. M.Giatman,MSIE

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id