PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH MEKANIKA TANAH DAN TEKNIK PONDASI BERBASIS VIDEO TUTORIAL

Laras Oktavia Andreas, Yuwalitas Gusmareta

Abstract


Penelitian dilatar belakangi oleh beberapa masalah yang teridentifikasi pada mata kuliah mekanika tanah dan teknik pondasi yaitu kebutuhan E-learning sesuai dengan program yang dilaksanakan dan hasil belajar mahasiswa yang masih rendah, dilihat dari hasil belajar, yang diperkirakan karena kurangnya pemahaman mahasiswa dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran pada mata kuliah Mekanika Tanah dan Teknik Pondasi terdiri dari kelas dan teori dan praktek, oleh karena itu perlu dikembangkannya media   pembelajaran mekanika tanah dan teknik pondasi berbasis video tutorial. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) model pengembangan four-D (4D). Tahap pengembangan  4D yaitu Define (pendefinisian),  Design  (perancangan),  Develop  (pengembangan)  dan  Disseminate (Pendiseminasian). Data dari penelitian ini berupa data sekunder dan data primer. Hasil yang diperoleh dari  penelitian ini adalah video tutorial pada mata kuliah mekanika tanah dan teknik pondasi yang valid, praktis dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Validasi format adalah 0,83 termasuk kategori valid dan validasi materi nilai rata-rata 0,77 dengan kategori valid. Praktikalitas respon dosen pada kategori praktis dengan hasil nilai 80%, sedangkan pada praktikalitas respon mahasiswa termasuk pada kategori praktis dengan nilai 80%. Efektifitas dilihat dari nilai presest yaitu 46 kategori belum lulus dibandingkan Postest dengan nilai rata-rata 84,7 kategori lulus.

Full Text:

PDF

References


Fitra Rifwan (2012). “Studi Evaluasi EefektifitasPenggunaan Jalur Evakuasi Pada Zona Berpotensi Terkena Bencana Tsunami di Kota Padang”, Tesisi Pascasarjana Universitas Andalas. Padang.

Asnawir, Usman Basyiruddin, 2001. Media Pembelajaran, Jakarta Selatan: Ciputat Pers,

Arsyad, Azhar. 2011. Media pembelajaran. Cetakan ke15. Jakarta: Raja walli Pres.

Basuki Wibawa dan Farida Mukti.2001.

Media Pengajaran. Bandung :CV Maulana.s

Daryanto.2005. Evaluasi Pendidikan.Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Ridwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Susila, Rudi. Riyana, Cepi. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: cv.Wacana Prima.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i4.102721

Copyright (c) 2019 Laras Oktavia Andreas, Yuwalitas Gusmareta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id