KARAKTER SISWA SMK JURUSAN BANGUNAN DI KOTA PADANG SEBAGAI CALON TENAGA KERJA TINGKAT MENENGAH

Febby Fitria Azmiati, Juniman Silalahi

Abstract


Penelitian ini berawal dari banyaknya siswa yang tidak serius dalam mengikuti Prakerin sehingga pihak industri tidak merekrut kembali siswa tersebut. Hal ini tidak sesuai dengan tujuan dari SMK yang bertujuan menyediakan tenaga kerja siap pakai. Melihat permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui indikator karakter yang dibutuhkan siswa SMK jurusan bangunan di Kota Padang sebagai calon tenaga kerja tingkat menengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatifdenganpendekatandeskriptif.PopulasipadapenelitianinimerupakanseluruhsiswaSMKJurusan Bangunan kelas XII di Kota Padang sebanyak 236 siswa. Sampel penelitian sebanyak 148 siswa diambil menggunakan teknik Propotional Random Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer didapatkan melalui angket yang disebarkan kepada siswa kelas XII SMK di Kota Padang yang telah melaksanakan Prakerin, sedangkan data sekunder merupakan data siswa masing-masing sekolah yang telah mengirimkan siswa Prakerin. Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) Verifikasi Data 2) Analisis Deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa industri menuntut siswa SMK dapat bersaing sebagai calon tenaga kerja tingkat menengah di Kota Padang dengan 6 sub indikator yang terbagi atas 2 kategori, yakni kategori cukup dan kategoribaik.


Full Text:

PDF

References


Undang-Undang (UUSISDIKNAS) No.20 Tahun 2003 Pasal 3 tentang Sistem PendidikanNasional.

Andreas, Laras. Soft Skill yang dibutuhkan tenaga kerja pada usahajasa konstruksi di kota Padang. CIVED ISSN 309-313 Vol 2, Nomor 1, Maret. Universitas Negeri Padang.(2014).

Widarto (2010). “Pengembangan Model Pembelajaran SoftSkills dan HardSkills untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan”. Diunduh dariwww.digilib.uny.ac.id(diakses 04 September2018)

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieka Cipta.

Maharani, Ayu. Karakter yang dibutuhkan karakter yang dibutuhkan tenaga kerja dunia industri konstruksi di Kabupaten Tanah Datar. CIVED ISSN 2028-2032 Vol 5 Nomor 1, March.Universitas Negeri Padang.(2018).

Noor, Juliansyah. 2011. Meteodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: PrenadamediaGroup.

Sukardi. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktinya. Jakarta: BumiAksara

Undang-UndangRepublikIndonesiaNomor.13Tahun 2003 Bab 1 Pasal 1 Tentangketenagakerjaan.

Irawan (2010), “ Klasifikas tenaga kerja berdasarkan tingkatannya”

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung:Alfabeta.

Wagiran (2010). “Implementasi pendidikan karakter dalam menyiapkan tenaga kerjakejuruan menghadapi tantangan global”. Diunduh dariwww.digilib.uny.ac.id(diakses 07 Mei2018) [12] A. S. Johannes, J. Silalahi, R. Apdeni, And Oktaviani, “Guru Pamong Pada Program Keahlian Teknik Bangunan Smk Di Kota Padang Tahun Ajaran 2016 / 2017,” Cived, Vol. 5, No. 2, Pp. 2206–2211, 2017.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i4.102480

Copyright (c) 2019 Febby Fitria Azmiati, Juniman Silalahi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id