PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI PADA MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK JURUSAN TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Fadhil Fakhri, Revian Body, Risma Apdeni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis animasi yang valid, sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Pada penelitian ini digunakan tahap pengembangan media pembelajaran bertajuk pada model yang dikemukakan oleh Thiagarajan yaitu 4D. Dimana 4D merupakan singkatan dari Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) and Dissemination (Penyebaran). Subjek dalam penelitian ini yaitu validator ahli dan dosen mata kuliah Gambar Teknik, sedangkan objek penelitiannya adalah media pembelajaran berbasis animasi untuk mata kuliah Gambar Teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pengembangan media berbasis animasi pada mata kuliah Gambar Teknik dengan penilaian dari validator 1 pada keseluruhan aspek sebesar 89,60% dengan kategori Sangat Baik; dan penilian dari validator 2 pada keseluruhan aspek sebesar 86,40% dengan kategori Sangat Baik. Selain itu penilaian berdasarkan uji coba skala kecil pada dosen mata kuliah Gambar Teknik diperoleh hasil sebesar 86% yang dikategorikan Sangat Baik.

Full Text:

PDF

References


Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Kustandi, Cecep & Sutjipto, Bambang. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sadiman, Arief S., dkk. 2012. Media Pendidikan. Depok: Rajawali Pers.

Smaldino, Sharon E., skk. 2011. Instructional Technology & Media For Learning. Jakarta: Kencana.

Body, Revian. 2013. Menggambar Konstruksi Bangunan. Bahan Ajar Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Padang. Tidak diterbitkan.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Riduwan & Sunarto, H. 2012. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta. [8] Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Anggia Roza, Azwar Inra, Rijal Abdullah. Faktor Eksternal Penyebab Keterlambatan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil FT UNP dalam Menyelesaikan Skripsi. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 4, No. 1, Maret. pp. 1-9. Universitas Negeri Padang. (2016).




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i4.102479

Copyright (c) 2019 Fadhil Fakhri, Revian Body, Risma Apdeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id