TINJAUAN IMPLIKASI STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) PADA RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SMK NEGERI DI KOTA PADANG

Budi Setiawan, Oktaviani Oktaviani

Abstract


Latar belakang penelitian adalah penyesuaian RPP dengan SKL kurang diperhatikan oleh guru mata pelajaran Gambar Teknik. Penelitian ini bertujuan mengetahui implikasi SKL pada RPP mata pelajaran Gambar Teknik dalam dimensi pengetahuan yang terdiri dari pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif di SMK N Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Informan penelitian adalah siswa kelas X TGB SMK N Kota Padang. Informan penelitian dipilih menggunakan metoda snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Teknik analisis dengan menggunakan metoda reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian: 1) Dalam dimensi pengetahuan faktual, guru mata pelajaran pada masing-masing sekolah hanya menerapkan pengetahuan terminologi kepada siswa, yaitu memperkenalkan  peralatan gambar teknik. 2) Dalam dimensi pengetahuan konseptual, hanya guru mata pelajaran SMK N 1 SUMBAR yang sudah menjelaskan kepada siswa tentang konsep dan contoh-contoh kongkrit yang merangsang siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran. 3) Dalam dimensi pengetahuan prosedural, guru mata pelajaran  sudah menjelaskan langkah kerja, mencontohkan, dan menyuruh siswa untuk mencoba peralatan gambar teknik. 4) Dimensi pengetahuan metakognitif, masing-masing sekolah sudah menerapkan pengetahuan tugas kognitif dan pengetahuan diri.

Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Nomor 20 tahun 2016. Tentang Standar Kompetensi Lulusan. Diakses taggal 26 Agustus 2016.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tentang implikasi. https://kbbi.web.id/dunia. Diakses pada tanggal 25 juni 2018

Giva Maulani, Fahmi Rizal, Risma Apdeni, Totoh Andayono. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Proses Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X Tgb Smk N 2 Payakumbuh. (2018)

PERMENDIKBUD No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Muhammad Bayu, Juniman Silalahi, An Arizal dan Nurhasan Syah. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan Smk Negeri 2 Sawahlunto. (2018)

Putri Andayani, Indrati Kusumaningrum, Revian Body. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Dasar-Dasar Gambar Teknik Siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Smk Negeri 1 Bangkinang. (2014)

Lufri. 2007. Kiat Memahami Metodologi dan Melakukan Penelitian. Padang: UNP Pers.

Herdiansyah, Haris. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alvabeta.

Silalahi, Juniman. (2012). Teori dan Analisis Struktur: Mekanika Terapan 1. Padang: Sukabina Press.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i4.102476

Copyright (c) 2019 Budi Setiawan, Oktaviani Oktaviani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id