ANALISIS KOMPETENSI MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK YANG DIBUTUHKAN DUNIA INDUSTRI DI KOTA PADANG

Ahmad Bambang Wiryawan, Iskandar G Rani

Abstract


Penelitian ini berawal dari banyaknya jumlah pengangguran dari lulusan SMK. Hal ini tidak sesuai dengan tujuan dari SMK yang bertujuan menyediakan tenaga kerja siap pakai. Melihat permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar peran kompetensi mata pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak dalam dunia industri di Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan jumlah populasi sebanyak 19 perusahaan konstruksi di Kota Padang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 12 perusahaan. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan Skala Likert yang terdiri dari 5 pilihan jawaban. Jumlah item dalam angket penelitian sebanyak 39 butir pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dari kompetensi mata pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak berdasarkan tingkat kategori yaitu: materi pelajaran mendeskripsikan perangkat lunak menggambar bangunan mempunyai peran sebesar 86,11% dikategorikan tinggi, materi pelajaran mengatur tata letak gambar pada model space dengan perangkat lunak mempunyai peran sebesar 82,5% dikategorikan tinggi, materi pelajaran membuat back-up data level 1 mempunyai peran sebesar 75,67% dikategorikan cukup, materi pelajaran membuat restore data level 1 mempunyai peran sebesar 70% dikategorikan cukup, materi pelajaran menggambar dengan perangkat lunak mempunyai peran sebesar 80,93% dikategorikan tinggi, materi pelajaran mencetak gambar dengan perangkat lunak mempunyai peran sebesar 85,42% dikategorikan tinggi.

Full Text:

PDF

References


Emilyawinri, Iskandar G.Rani, Prima Zola, Rijal Abdullah. Kontribusi Minat Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Pada Dunia Industri Kelas XI Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Bengkulu. (2018)

Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. (2010).

Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/ pressrelease/2016/05/04/1231/februari-2016- tingkat-pengangguran-terbuka-tpt-sebesar-5-50- persen.html. Diakses pada tanggal 18 Juli 2018.

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 323/U/1997 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta. (1997).

Imam Munandar, An Arizal, Yuwalitas Gusmareta, Rusnardi Rahmat Putra. Pengaruh Model Model Pembelajaran Tipe Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat. (2018).

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam; Upaya Mengefektifkan Pendidikan Islam Di Sekolah. Bandung. (2005).

Anwar. Pendidikan Kecakapan Hidup Konsep dan Aplikasi. Bandung. (2006).

Sharon E.S, dkk. Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar. Jakarta. (2011).

Widia Hapnita, Rijal Abdullah, Yuwalitas Gusmareta, Fahmi Rizal. Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Padang Tahun 2016/2017. (2018).

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tentang dunia. https://kbbi.web.id/dunia. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2018.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1984 tentang Perindustrian.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tentang industri. https://kbbi.web.id/industri. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2018.

Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi. http://lpjk.net/registrasi-badan-usaha-kbli-lpjk. Diakses tanggal 18 Juli 2018.

Syahron Lubis. Metode Penelitian Pendidikan. Padang. (2011).




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i4.102475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id