PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI 1 LINTAU BUO

Ade Tira Wulandari, Rusnardi Rahmat Putra, Totoh Andayono

Abstract


Pelaksanaan Kurikulum 2013 bertujuan untuk membentuk kompetensi dan karakter perserta didik. Dalam mencapai tujuan dari Kurikulum 2013 maka dilakukan penyempurnaan pada Standar Kompetensi Lulusan dengan memperhatikan pengembangan nilai pengetahuan, keterampilan dan sikap. Guru berperan penting pada pelaksanaan Kurikulum 2013. Kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 antara lain pembuatan sintanks model pembelajaran dan aktifitas pembelajaran, penerapan metode proses pembelajaran, penyusunan Rencana Pembelajaran, dan proses penilaian siswa. Berdasarkan dari latar belakang tersebut maka diadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui seberapa baik pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Lintau Buo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan guru SMK Negeri 1 Lintau Buo sebanyak 88 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan skala likert yang mempunyai 5 buah pilihan yang terdiri dari pernyataan positif dan negatif. Jumlah item pernyataan pada angket sebanyak 57 butir. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Lintau Buo cukup baik yaitu: pada perencanaan pembelajaran ada pada kategori baik. Pada pelaksanaan proses pembelajaran dan penilaian ada dalam kategori cukup baik.


Full Text:

PDF

References


I Nengah Ciptasari. (2015). “Persepsi Guru Terhadap Pelaksananaan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Kasus Guru Sejarah di SMA Negeri Sawan)”. Skripsi: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Omar hamalik. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar. (2009). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali press.

Sholeh Hidayat. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

E.Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14. (2005). Tentang Guru dan Dosen.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syahron Lubis.(2011). Metode Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press.

Rifwan, F., Andayono, T., & Apdeni, R. (2017). Tinjauan Kualitas Pemadatan Tanah Pada Prasarana Transportasi Analysis of Soil Compaction Quality in Transportation Infrastructure. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(1), 33–40.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i4.102406

Copyright (c) 2019 Ade Tira Wulandari, Rusnardi Rahmat Putra, Totoh Andayono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id