The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam menulis narasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan menulis narasi dengan berbantuan media audiovisual. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX.1 yang berjumlah 19 orang.

Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap pada setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Perencanaan meliputi perencanaan yang dilakukan sebelum tindakan dilaksanakan seperti menyiapkan RPP, bahan ajar, media, dan penilaian. Pelaksanaan tindakan adalah aktivitas pembelajaran keterampilan menulis narasi berbantuan media audiovisual. Observasi dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan angket. Refleksi yakni melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Data kualitatif diolah dengan model kualitatif (reduksi, penyajian, dan pengambilan kesimpulan), sedangkan data kuantitatif yaitu data hasil belajar  diolah melalui statistik sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan berbantuan media audiovisual dalam pembelajaran menulis narasi  dapat meningkatkan aktivitas siswa yang dilihat dari proses dan keterampilan siswa yang dilihat dari nilai akhir siklus. Peningkatan hasil belajar juga mengalami kenaikan setiap siklus. Hasil penelitian tindakan siklus I menunjukkan bahwa sebanyak 15 siswa (78,95%) mendapatkan nilai di atas KKM dengan nilai rata-rata 63. Pada tindakan siklus kedua diperoleh hasil sebanyak 19 siswa (100%) mendapatkan nilai di atas KKM dengan nilai rata-rata 69. Ini merupakan suatu peningkatan proses dan hasil pembealajaran selama penelitian tindakan kelas ini berlangsung. Dari data yang diperoleh melalui tindakan kedua siklus tersebut, diperoleh suatu simpulan bahwa dengan menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi  siswa.

 

Kata kunci : Membaca; Narasi; Audiovisual.