Abstract


Sekolah sebagai suatu organisasi sosial harus mampu menyesuaikan diri dan mengantisipasi setiap perkembangan yang ada.Setiap perkembangan / perubahan yang terjadi di lingkungan sekolah sepenuhnya menjadi tanggung jawab kepala sekolah sebagai pemimpin.

Agar kepemimpinan kepala sekolah dapat berhasil dengan baik, kepala sekolah harus meningkatkan kemampuannya secara fungsional, sehingga kepala sekolah mampu berperan sesuai dengan tugas,wewenang dan tanggung jawabnya, sehingga akhirnya memiliki kinerja yang professional dan fungsional. Penguasaan pengetahuan tentang kepemimpinan tentu saja merupakan sumbangan besar bagi para kepala sekolah, sehingga mampu meningkatkan kualitas kepemimpinan kepala sekolah yang dirasakan penting sekali demi keberhasilan sekolah yang dipimpinnya.

Adapun upaya – upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan antara lain  dengan mengkuti pendidikan dan pelatihan, seminar kepemimpinan, pelatihan-pelatihan. Selain itu dari diri sendiri juga harus mampu memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat, memiliki kemampuan dan ketrampilan kepemimpinan serta mampu mengembangkan staf, kurikulum dan pelaksanaan pendidikan. Sedangkan upaya-upaya yang dilakukan oleh pengawas antara lain, pembinaan kepala sekolah dengan memberikan wawasan tentang kepemimpinan, memberikan pembekalan tentang peningkatan kompetensi kepala sekolah, juga pemberdayaan kepala sekolah dan lain-lain.

Kata kunci : Kepala Sekolah, Kepemimpinan.