Abstract


Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen berbasis sekolah di SMP Pembangunn Laboratorium UNP. Metode penulisan menggunakan metode library research.

Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa Manajemen Berbasis Sekolah adalah manajemen sekolah yang dilaksanakan dengan memberikan kewenangan bagi kepala sekolah, guru, peserta didik dan masyarakat untuk melakukan inovasi dan improvisasi di sekolah, berkaitan dengan masalah kurikulum, pembelajaran manajerial dan lain sebagainya yang tumbuh dari aktivitas, kreativitas, dan profesionalisme yang dimiliki dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dapat berjalan dengan baik apabila melibatkan seluruh komponen pendidikan secara sinergis (kepala sekolah, guru dan staf, masyarakat (orang tua), dan siswa.)

Pelaksanaan implementasi manajemen berbasis sekolah di SMP Pembangunan Laboratorium belum maksimal untuk itu perlu upaya kepala sekolah untuk meningkatkan implementasi manajemen berbasis sekolah agar mencapai tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan.