Abstract


Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui tentang solusi  dan upaya yang dapat dilakukan kepla sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru sekolah dasar. Motivasi kerja yang tinggi tidak muncul begitu saja tetapi merupakan suatu proses belajar yang terus menerus. Pada pelaksaan pembelajaran, guru harus mampu melaksanakan program strategi dan metode yang telah direncanakan didalam kelas pada saat proses belajar mengajar berlangsung.

Proses pembelajaran agar efektif  dan kondusif maka pemimpin harus memperhatikan motivasi kerja  yang ada pada diri setiap guru yang  dipimpinnya dengan menggunakan dua metode yaitu metode langsung ( direct motivation) dan metode tidak langsung (indirect motivation). Meningkatkan motivasi guru dalam bekerja merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan oleh kepala sekolah, karena tidak semua guru memiliki motivasi dalam melaksanakan tugasnya. Dengan adanya peningkatan motivasi kerja guru yang dilakukan kepala sekolah terhadap guru - guru dalam bekerja  akan dapat meningkatkan motivasi guru dalam bertugas sehingga proses belajar di Sekolah dapat berjalan dengan lancar.

Motivasi sangat diperlukan karena dengan motivasi ini diharapkan setiap individu mau bekerja keras dan antusias untuk mencapai produktivitas kerja yang tinggi Menanamkan motivasi pada dasarnya adalah menanamkan nilai- nilai. Oleh karena itu, komunikasi dan pembinaan rutin  adalah kuncinya.. Dengan adanya motivasi kerja guru dalam melaksanakan tugas dapat memaksimalkan  pencapaian proses pembelajaran yang berjalan secara lancar, tertib, dan kondusif dalam mencapai tujuan pendidikan di sekolah. Dengan adanya peningkatan motivasi guru melalui  kepala sekolah, dapat membantu guru bersikap dan bertingkah laku penuh tanggung jawab.