Abstract


Dalam meyelenggarakan suatu kegiatan perlu adanya pengawasan, diman pengawasan merupakan kegiatan penting yang perlu dilakukan setiap pemimpin dalam rangka menjamin kelancaran pelaksanaan setiap kegiatan untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.Pentingnya pengawasan dilakukan untuk memastikan apakah setuiap kegiatan berjalan sesuai dengan rencana yang sudah disusun dan disepakati oleh organisasi secara bersama.

Walaupun perencanaan telah dibuat dengan baik, pengorganisasian telah disusun dengan tepat dan penggerakan telah dilakukan sebaik-baiknya, tetapi bila pengawasan tidak dilakukan, maka bias saja perencanaan yang sudah disusun dan kegiatan yang dilaksanakan tidak mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Pengawasan yang sangat penting dilakukan dalam setiap organisasi, untuk organisasi pendidikan yang  dalam hal ini sekolah dasar, sekolah dasar sebagai organisasi terkecil tetap saja membutuhkan pengawasan untuk kelancaran pelaksanaan aktivitasnya terutama dalam mencapai tujuan pendidikan di sekolah dasar itu sendiri. Hal ini sejalan dengan intruksi persiden No. 15 Tahun 1983 tentang pedoman pengawasan menyatakan bahwa “Pengawasan merupakan salah satu usur penting dalam rangka peningkatan pendayagunaan aparatur Negara dalam pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintahan dan pembangunan menuju pemerintah yang bersih dan berwibawa”.