Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan penulis di SMK se-Kecamatan Lubuk Alung belum seperti yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Guru terhadap Kepemimpinan Kepala SMK se-Kecamatan Lubuk Alung yang dilihat dari aspek mempengaruhi, menggerakkan, dan pemberian motivasi.

Jenis penelitian ini digolongkan kepada penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah guru-guru di SMK se-Kecamatan Lubuk Alung yang berjumlah 75 orang. Besar sampel ditentukan berdasarkan tabel Krejcie dan diperoleh sebanyak 63 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Proportionate stratified random sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket model Skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan teknik memberikan skor terhadap jawaban responden.

Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa : (1) menurut guru, kepemimpinan Kepala SMK se-Kecamatan Lubuk Alung dalam mempengaruhi guru berada pada kategori sangat baik dengan skor rata-rata 4,60, (2) guru menyatakan bahwa kepemimpinan Kepala SMK se-Kecamatan Lubuk Alung dalam menggerakkan guru berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,52, (3) menurut guru kepemimpinan Kepala SMK se-Kecamatan Lubuk Alung dalam pemberian motivasi kepada guru berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,48. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan Kepala SMK se-Kecamatan Lubuk Alung menurut guru terlaksana dengan baik, rata-rata skornya 4,53.

Kata Kunci: Mempengaruhi, Menggerakkan, Pemberian Motivasi.