Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Keprofesionalan Guru SMK Swasta di Kota Padang

Wempi Saputra(1), Syahril Syahril(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i2.117163

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap keprofesionalan guru SMK Swasta di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional, dengan jumlah populasi sebanyak 424 orang guru dan sampel sebanyak 124 orang dari total populasi yang diambil dari guru SMK Swasta di Kota Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling dan untuk menentukan besaran ukuran sampel menggunakan rumus Cochran. Jenis data yang digunakan yakni data primer dan sekunder. Sumber data berasal dari jumlah guru,  karakterik dan sebagainya. Teknik analisis yang digunakan dengan skor rata-rata (Mean) untuk deskripsi data, uji persyaratan yakni uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas. Kemudian uji hipotesis dengan regresi linear sederhana, regresi linear berganda. Hasil penelitian menyebutkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap keprofesionalan guru sebesar 43,3%, hal ini menjelaskan semakin baiknya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja berdampak terhadap semakin baiknya keprofesionalan guru dalam melaksanakan tugas sesuai dengan bidang masing-masing. Tingkat pencapaian responden untuk variable kepemimpinan kepala sekolah sebesar 83 % dan berada pada kategori baik, tingkat pencapaian pada variabel motivasi kerja sebesar 88,3 % dan berada pada kategori baik, dan tingkat pencapaian responden untuk variabel keprofesionalan guru sebesar 84,64 % berada pada kategori baik.

 


Keywords


Kepemimpinan Kepala Sekolah; Motivasi Kerja; Keprofesionalan Guru

References


Ahmad, B. (2018). Peran Pemimpin Dalam Penggerakan Staf untuk Merealisasikan Tujuan Lembaga Pendidikan. Tsaqofah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 10–29.

Anwar, M. I. (2003). Administrasi pendidikan dan manajemen biaya pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Danim, S. (2016). Inovasi pendidikan: dalam upaya peningkatan profesionalisme tenaga kependidikan.

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Dwijayanti, V. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Pelatihan Terhadap Keprofesionalan Guru Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 289–299.

Haris, A. (2013). Kepemimpinan Pendidikan: buku perkuliahan Program S1 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya. IAIN Sunan Ampel Press.

Kastawi, N. S., Nugroho, A., & Miyono, N. (2021). Kontribusi Motivasi Kerja dan Peran Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru SMA. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 77–93.

Makawimbang, J. H. (2011). Supervisi dan peningkatan mutu pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Rahmat, A., & Kadir, S. (2017). Kepemimpinan Pendidikan dan Budaya Mutu. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Rahmi, S. (2018). Kepala Sekolah dan Guru Profesional. Banda Aceh: Lembaga Naskah Aceh Dan Pascasarjana UIN Ar Raniry.

Usman, H. (2004). Manajemen pendidikan. Yogyakarta: Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.


Article Metrics

 Abstract Views : 459 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 292 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.