Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining (SFE) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN Gugus I Kecamatan Bayang

Miza Tridhuha(1), Reinita Reinita(2),
(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i2.113170

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena guru belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk membagikan apa yang mereka dapatkan dalam proses pembelajaran. Apalagi siswa masih individualis dan tidak mau saling berbagi ilmu. Proses pembelajaran masih menggunakan model konvensional daripada model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE). Akibatnya hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SDN Gugus I Kecamatan Bayang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian Quasi Eksperimen bentuk Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 82,78 dengan standar deviasi 7,15 dan 68,48 dengan standar deviasi 9,74. Analisis menggunakan uji-t didapatkan t hitung 6,19 (t tabel 2,00, α = 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan terhadap penggunaan model Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SDN Gugus I Kecamatan Bayang

Keywords


Student Facilitator and Explaining (SFE); hasil belajar; pembelajaran tematik terpadu

References


Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani & Ridwan, M. (2014). 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada.

Reinita, Reinita. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Laerning di Sekolah Dasar. Journal of Moral and Civic Education.

Reinita, & Eci. (2018). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Pedagogi Jurnal Pendidikan.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Reinita, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn di Kelas V SDN 02 Aur Kuning Bukittinggi. JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107405

Reinita, R., Suarman, F., & Sakdiah, H. (2020). Mind mapping effect on the students’ achievement in civic education for elementary school students. https://doi.org/10.4108/eai.11-12-2019.2290898

Sakdiah, H., & Reinita, R. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) METODE PERCONTOHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.24036/bmp.v8i2.104818

Zuardi, Z., Yunisrul, Y., Arwin, A., & Abadi, A. (2019). The Effect of Cooperative Models of Pair Share Think on the PKN Learning Outcomes of Basic V Vocational School Students. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.180


Article Metrics

 Abstract Views : 385 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 123 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.