Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi keberhasilan kepala sekolah dalam mencapai keberhasilan kinerja dengan menciptakan kurikulum terpadu berbasis agama terapan dalam pembinaan menjadi Mubaligh, Khatib, Tahfiz, Al-Qur’an, Muazin dan Imam, Menggunakan system Boarding School (Asrama) dengan kedisiplinan ketat serta Gaya pendidikan semi militer dalam pembinaan kedisiplinan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan, menganalisis dan membahas tentang bagaimana implementasi kemampuan konseptual (Conceptual Skills), kemampuan hubungan manusiawi (Human Skills) dan kemampuan teknik (Technical Skills). Data dikumpulkan melalui pengamatan dan tanya jawab dengan menggunakan analisisis reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan data. Temuan ini diperoleh (1) Implementasi kemampuan konseptual (Conceptual Skills) ditunjukan melalui menyampaikan gagasan, berfikir logis dan sistematis serta memanfaatkan dan menciptakan peluang, (2) Implementasi kemampuan Manusiawi (Human Skills) ditunjukan melalui interaksi komunikasi yang baik, memberikan motivasi dan mendengar pendapat orang lain, sedangkan (3) Implementasi kemampuan teknik (Technical Skills) ditunjukan melalui kemampuan mengelola administrasi, pengembangan kurikulum dan supervisi.

Keywords


Gaya Kepemimpinan; Mutu Pendidikan