HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEMELIHARA/SERVICE ENGINE DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 2 SAWAHLUNTO

Novaria Fransiska, Nasrun Nasrun, Hasan Maksum

Abstract


Penelitian ini berawal dari kurangnya disiplin siswa dalam proses pembelajaran, dan diduga berdampak pada rendah nya hasil belajar pada mata pelajaran Memelihara/Service engine dan komponen-komponennya siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Memelihara/Service engine dan komponen-komponennya siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Sawahlunto.

Penelitian ini bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X teknik kendaraan ringan pada mata pelajaran Memelihara/Service engine dan komponen-komponennya yang berjumlah 81 siswa, sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 45 orang dengan menggunakan teknik Proporsional Random sampling. Alat pengumpul data adalah angket model skala likert yang telah diuji validitasnya. Instrumen di uji cobakan pada 30 orang siswa untuk melihat validitas dan reliabilitas butir pernyataan. Dari 40 butir pernyataan disiplin belajar (X) diperoleh 34 butir pernyataan yang dinyatakan valid, dengan tingkat reliabilitas 0,883. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus korelasi Pearson Product  Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji dengan menggunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi.

Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,466 > 0,294) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel (3,456 > 1,681) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran memelihara/service engine dan komponen-komponennya siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Sawahlunto.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright @ Automotive Engineering Education Journal ISSN 2302-335X
Diterbitkan oleh: 
Tim Pengelola e-Journal Jurusan Teknik Otomotif FT UNP
Kampus UNP Air Tawar, Padang, Sumatera Barat