Editorial Policies

Focus and Scope

Abdi Humaniora: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Humaniora adalah jurnal kegiatan kepada masyarakat yang mencakup kajian pengembangan dan penerapan IPTEKS dalam bidang humaniora. Jurnal ini ditujukan untuk mempublikasikan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mencakup konsep, model dan implementasinya sebagai upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Abdi Humaniora akan menerbitkan Artikel terpilih dalam sosialisasi dan implementasi pengembangan IPTEKS di bidang humaniora, pendidikan, pengajaran.

Section Policies

Articles

  • Checked Open Submissions
  • Checked Indexed
  • Checked Peer Reviewed

Peer Review Process

Abdi Humaniora menerapkan proses peer review. Semua artikel yang dikirimkan ke Jurnal akan direview secara tertutup (blind review) oleh para mitra bebestari. Pada umumnya, setiap artikel akan direview oleh satu sampai dua orang reviewer. Tanggapan dari para reviewer ini akan dijadikan landasan bagi Editor untuk menentukan apakah suatu artikel dapat diterima (accepted), diterima apabila direvisi (accepted with major/minor revision), atau ditolak (rejected). Suatu artikel ditolak untuk dimuat disebabkan oleh berbagai pertimbangan, diantara artikel tidak sesuai dengan ruang lingkup Pengembangan dan Penerapan IPTEKS dalam bidang humaniora dan sisi ilmiah tulisan tersebut kurang memadai untuk digolongkan dalam suatu tulisan ilmiah, kesalahan metodologi yang mendasar, atau dikarenakan penulis menolak untuk melakukan sara perbaikan yang diberikan oleh reviewer tanpa dasar yang logis. Semua artikel yang dikirim akan diperiksa unsur plagiasinya menggunakan perangkat lunak (software) anti plagiarisme (Turnitin).

Publication Frequency

Jurnal Terbit pada bulan November dan Mei setiap tahun.

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

Publication Ethics

ABDI HUMANIORA: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat didedikasikan untuk melaksanakan praktik terbaik dalam masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktik publikasi adalah salah satu tanggung jawab penting dewan editorial. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan ABDI HUMANIORA tidak memberikan toleransi plagiarisme dalam bentuk apa pun. Penulis yang mengirimkan artikel ke ABDI HUMANIORA menegaskan bahwa isi naskah adalah asli.

Untuk mencapai hasil terbaik, ABDI HUMANIORA mengikuti Pedoman Perilaku COPE dan Pedoman Praktik untuk Editor Jurnal dan Kode Etik untuk Penerbit Jurnal.

Tugas-tugas berikut diuraikan untuk editor, penulis, dan reviewer didasarkan pada Komite Etika Publikasi (COPE) dan mencakup Kode Etik untuk Penulis, Reviewer, Editor. Pemimpin Redaksi & Pemimpin Redaksi, Dewan Editorial dan Penerbit juga akan mematuhi kebijakan pedoman penyerahan ABDI HUMANIORA.

Tugas Penulis
1.      Penulis harus menyajikan laporan yang akurat tentang pengabdian masyarakat asli mereka serta pembahasan yang objektif. Naskah harus disesuaikan dengan pedoman penulisan jurnal. (Lihat kebijakan pedoman pengiriman)

2.      Memiliki tanggung jawab untuk memastikan hanya karya baru dan asli yang diserahkan.

3.      Penulis tidak boleh mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan. Diharapkan juga bahwa penulis tidak akan menerbitkan manuskrip berlebihan atau manuskrip yang menggambarkan hal yang sama di lebih dari satu jurnal.

4.      Tidak boleh mengirimkan artikel apa pun yang sedang direview atau dipertimbangkan oleh jurnal Abdi Humaniora ke jurnal lain secara bersamaan.

5.      Penulis harus mengutip semua referensi yang ditampilkan dalam daftar pustaka.

6.      Penulis juga memastikan bahwa semua penulis telah melihat dan menyetujui versi naskah yang dikirimkan dan pencantuman nama sebagai penulis bersama.

7.      Penulis harus memberikan data mentah yang terkait dengan naskah mereka untuk tinjauan editorial dan harus menyimpan data tersebut.

8.      Jika penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam naskah yang dikirim, maka kesalahan atau ketidaktepatan harus dilaporkan kepada editor.

9.      Hanya diizinkan untuk menerbitkan karya di tempat lain setelah menerima penolakan resmi dari jurnal atau jika permintaan mereka untuk menarik karya mereka secara resmi diterima oleh jurnal.

 

Tugas Reviewer
1.      Informasi mengenai naskah yang diserahkan oleh penulis harus dijaga kerahasiaannya dan diperlakukan sebagai informasi istimewa.

2.      Dapat menolak pengajuan naskah yang tidak memadai.

3.      Reviewer naskah harus memastikan bahwa penulis telah menggunakan semua referensi dalam daftar pustaka

4.      Naskah yang diserahkan harus direview secara objektif, adil, dan harus mengungkapkan pandangan secara jelas dan profesional dengan argumen pendukung.

5.      Dalam hal reviewer merasa tidak mungkin untuk menyelesaikan peninjauan naskah dalam waktu yang ditentukan maka informasi ini harus dikomunikasikan kepada editor, sehingga naskah tersebut dapat dikirim ke reviewe lain.

6.      Harus memastikan keaslian kiriman dan waspada terhadap segala plagiarisme dan publikasi yang berlebihan.

7.      Tidak boleh membahas konten kiriman tanpa izin.

8.      Patuhi waktu yang dialokasikan untuk proses review.


Tugas Editor
1.      Berdasarkan laporan tinjauan dewan peninjau editorial, editor dapat menerima, menolak, atau meminta modifikasi pada naskah.

2.      Setiap editor harus memastikan bahwa setiap naskah pada awalnya dievaluasi oleh editor untuk orisinalitas, menggunakan software yang sesuai untuk melakukannya.

3.      Editor harus memastikan bahwa setiap naskah yang diterima oleh Abdi Humaniora ditinjau untuk konten intelektualnya tanpa mempertimbangkan jenis kelamin, jenis kelamin, ras, agama, kewarganegaraan, dll dari penulis.

4.      Editor harus memastikan bahwa informasi mengenai naskah yang diserahkan oleh penulis dirahasiakan.

5.      Editor tidak akan menggunakan artikel yang dikirimkan untuk karya sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

 
Tugas Anggota Dewan Editorial
1.      Secara aktif berkontribusi pada pengembangan dan kebaikan jurnal.

2.      Bertindak sebagai duta jurnal.

3.      Terus mendukung dan mempromosikan jurnal.

4.      Tinjau pekerjaan yang ditugaskan untuk mereka.

 

Tugas Editor-in-Chief & Mengelola Editor
1.      Mengevaluasi manuskrip secara adil dan semata-mata berdasarkan kemampuan intelektual mereka.

2.      Pastikan kerahasiaan manuskrip dan tidak mengungkapkan informasi tentang manuskrip kepada siapa pun selain orang yang terlibat dalam proses penerbitan.

3.      Memiliki tanggung jawab untuk memutuskan kapan dan artikel mana yang akan diterbitkan.

4.      Secara aktif mencari pandangan anggota dewan, pengulas dan penulis tentang cara meningkatkan / meningkatkan citra dan visibilitas jurnal.

5.      Memberikan instruksi yang jelas kepada kontributor potensial pada proses pengiriman dan apa yang diharapkan dari penulis.

6.      Memastikan reviewer yang tepat dipilih / diidentifikasi untuk proses peninjauan.